Laman

Senin, 23 April 2012

Sebuah Nama Serangkai Cerita


SEBUAH NAMA, SERANGKAI CERITA

“MAHESA JAYA” Dalam bahasa sansekerta punya arti, MAHESA : Kerbau arti lainnya memiliki perwatakan penurut, dan disiplin diri yang bagus, JAYA artinya : selalu berhasil, sukses, dan hebat.
         Dengan nama besarnya di awali sebuah perjuangan, seluruh pemuda dan beberapa tokoh masyarakat serta perangkat desa untuk menjalankan sebuah amanah akbar yang mengiringi Karang Taruna Desa Keboguyang. Ya, nama “Mahesa jaya” pada awalnya memang diberikan oleh salah seorang petinggi pemerintahan Desa Keboguyang sebagai sebuah inisial bagi organisasi kepemudaan ini.
        Ditengah surutnya semangat para pemuda dalam pergerakan organisasi di kala itu, nama “Mahesa Jaya” diharapkan dapat membawa organisasi yang nantinya terbentuk ini untuk dapat mempertahankan eksistensinya dan selalu berinovasi serta berkembang menjadi lebih baik. Akhirnya dengan setitik semangat dari pejuang-pejuang organisasi dan dukungan sepenuhnya dari Kepala Desa Keboguyang beserta perangkat-perangkatnya, terbentuklah sebuah momen bersejarah, 10 Agustus 2011, hari yang menjadi fajar baru bagi pergerakan Karang Taruna “MAHESA JAYA” Desa Keboguyang melalui pemilihan pengurus Karang Taruna yang dihadiri oleh kurang lebih 50 orang dari jajaran Perangkat Desa,Tokoh masyarakat dan pemuda-pemuda Desa Keboguyang, sehingga terpilihlah Rekan Mustamir sebagai Kapten yang mengemudikan kapal pioner bernama Karang Taruna “Mahesa Jaya” Desa Keboguyang periode 2012-2015.
         Meskipun pembentukan Karang Taruna Desa Keboguyang merupakan sebuah inisiatif dari pihak pemerintahan Desa, tidak menyurutkan semangat dari para pemuda untuk mengemban tanggung jawab tersebut dalam rangka mengisi kekosongan peran pemuda dalam mengembangkan Desa Keboguyang, tentunya pada jalur yang telah ditetapkan, yaitu jalur kepemudaan dengan tujuan umum untuk menyalurkan bakat dan minat pemuda sehingga dapat membentuk generasi muda yang aktif dan produktif. Dengan demikian, organisasi kepemudaan ini memiliki tugas pokok yaitu bersama-sama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi masalah-masalah Kesejahteraan Sosial khususnya di kalangan generasi muda. Untuk itu, Karang Taruna “Mahesa Jaya” Desa Keboguyang diperkuat oleh susunan kepengurusan antara lain Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendahara, dan beberapa Seksi yaitu Seksi Pemberdayaan Pemuda dan Pelatihan, Seksi Olahraga dan Seni Budaya, serta Seksi Kerohanian dan Pembinaan Mental, tentunya dengan tugas dan kompetensi masing-masing di bidangnya.

         Awal perjuangan “Mahesa Jaya” dimulai dengan diselenggarakannya Rapat Kerja (Raker) I di Selorejo-malang pada tanggal 03 september 2011 dengan diikuti seluruh jajaran kepengurusan Karang-Taruna sebanyak 24 orang dan beberapa perangkat Desa Keboguyang serta tamu undangan dari Karang Taruna Kecamatan tanggulangin dan Kecamatan Porong. Raker I ini dijadikan sebagai forum penentu langkah ke depan kegiatan karena di dalamnya terdapat filtrasi ide atau gagasan serta sumbangsih pemikiran pelaku-pelaku organisasi hingga dirumuskan visi dan misi serta serangkaian kegiatan yang dapat mencerminkan eksistensi Karang Taruna “Mahesa Jaya” Desa Keboguyang. Serangkaian kegiatan tersebut dirangkum dalam bentuk Program Kerja (Progja) jangka panjang dan kondisional pada tahun pertama.

         Untuk program jangka panjang, Seksi Pemberdayaan Pemuda dan Pelatihan, melahirkan sebuah program yaitu Temu Kepemudaan. Dalam Seksi Olahraga dan Seni Budaya dirancang beberapa program kerja diantaranya adalah Pelatihan Volly, Pelatihan Sepak Bola, dan PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional), sedangkan pada Seksi Kerohanian dan Pembinaan Mental tercantum program istoghoshah rutin dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). Dalam perencanaan, program-program tersebut diharapkan dapat terlaksana secara teratur pada jangka waktu yang telah ditetapkan dalam satu tahun pertama. Berbeda dengan program kondisional yaitu ziaroh atau wisata rohani, yang dilaksanakan sekali dalam satu tahun, dengan menyesuaikan pertimbangan situasi dan kondisi yang ada.
          Dengan adanya program-program tersebut, semoga dapat mendukung langkah para pemuda untuk tidak hanya mempertahankan eksistensinya tetapi juga berupaya untuk berkembang menuju arah yang semakin hari semakin baik dan lebih baik lagi, sesuai dengan harapan dan doa yang mengalir dalam sebuah nama -- “Mahesa Jaya”.

                                                                          Keboguyang, 05 september 2011
                                                                          TIM KREATIF MAHESA JAYA




                                                                       

Tidak ada komentar: