Laman

Kamis, 27 Juni 2013

Atasi Banjir Di Wilayah Jabon, Sungai Bangil Tag Akan Difungsikan Kembali

Jalan raya Desa Kupang yang terendam banjir
JABON, Hampir setiap musim hujan datang wilayah Kecamatan Jabon selalu terendam banjir, terutama di Desa Jemirahan, Balongtani, Kupang, Semambung dan Kedungpandan.
Seperti saat ini tiga desa yaitu, Desa Kupang, Semambung dan Kedungpandan sudah seminggu ini terendam banjir hingga setinggi mata kaki orang dewasa.
Sri, salah satu warga Desa Kupang mengatakan bahwa banjir di desanya terjadi hampir setiap tahun terjadi dan hal ini harus ada perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.
Seharusnya Pemkab Sidoarjo sudah bisa mengantisipasi permasalahan banjir yang terjadi hampir setiap tahun ini terjadi, katanya.
Sebab akibat banjir itu, setiap tahun areal pertanian warga tidak bisa ditanami dan menggenangi jalan raya Desa Kupang.
H. Saiful Ilah saat ditemui di Sun Hotel mengatakan bahwa permasalahan banjir di wilayah Kecamatan Jabon itu disebabkan oleh tidak berfungsinya sungai Bangil Tag yang berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan.
Kalau sungai Bangil Tag itu berfungsi sebagaimana mestinya, pasti permasalahan banjir sudah bisa diatasi, kata H. Saiful Ilah.
Untuk itu Pemkab Sidoarjo sudah melayangkan surat kepada Balai Besar Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Propinsi Jawa Timur (Jatim) untuk segera memfungsikan kembali sungai Bangil Tag yang berada disisi selatan Kecamatan Jabon itu.
Selain bisa menanggulangi banjir di wilayah Jabon, apabila sungai Bangil Tag difungsikan kembali bisa digunakan sebagai tempat wisata air.
Kalau nanti itu disetujui oleh Balai Besar, maka akan kami manfaatkan juga untuk wisata air disana, ucapnya.
Berfungsinya sungai Bangil Tag juga akan menguntungkan Kabupaten Pasuruan, karena bisa menanggulangi banjir di wilayah Kalianyar, Kecamatan Bangil.
Karena air kiriman dari wilayah Pandaan dan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan bisa langsung dibuang ke laut melalui sungai Bangil Tag. (imams)

Tidak ada komentar: